PEMILIH DISABILITAS MENGHARAPKAN AKSES YANG MEMADAI DALAM PEMILU

  • 24 Juli 2020
  • 14:25 WITA
berita_202407060729_PEMILIHDISABILITASMENGHARAPKANAKSESYANGMEMADAIDALAMPEMILU.jpg

Serangkaian kegiatan program pendidikan pemilih Tahun 2020 yang bertema  “KPU Kabupaten Gianyar Melayani  Pemilih dengan Adil dan Setara Untuk Mewujudkan Pemilih Cerdas” kembali melakukan pendidikan Pemilih yang kali ini  dengan menyasar segmen pemilih disabilitas. Pendidikan pemilih yang dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai arahan KPU Provinsi Bali yang mencanangkan program “Jumat Sosialisasi” tersebut di gelar dihadapan para penyandang difabel yang tergabung dalam naungan Yayasan Cahaya Mutiara Ubud, pada hari Jumat, (24/7/2020). Kegiatan berlangsung di Aula Yayasan Cahaya Mutiara Ubud yang beralamat di Tampaksiring tersebut di hadiri oleh Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Gianyar Komang Endra Gunawan bersama Jajaran Sekretariat KPU Gianyar.


Dihadapan para penyandang Disabilitas yang beberapa diantaranya merupakan anggota Relawan Demokrasi pada Pemilu Serentak 2019 tersebut, Endra Gunawan menyampaikan  tentang program kegiatan KPU Kabupaten Gianyar sebagai lembaga Penyelenggara Pemilu yang juga mempunyai tugas dan fungsi untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dengan memberikan edukasi dan pendidikan kepada para pemilih mengenai kepemiluan dan demokrasi. KPU Gianyar walaupun sedang tidak melaksanakan tahapan Pemilu atau Pilkada tetap berupaya aktif untuk menyapa dan melalukan silaturahmi dengan para pemilih, ujarnya.


Pada kesempatan diskusi, para penyandang difabel sangat mengharapkan KPU sebagai penyelenggara Pemilu dapat lebih memperhatikan dan menyediakan akses yang memadai sehingga memberikan kemudahan bagi para pemilih difabel dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.  Disamping itu, para penyandang difabel juga mengharapkan  diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dan mengambil peranan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilu dan Pilkada di Kabupaten Gianyar di masa yang akan datang. 


Kegiatan Pendidikan pemilih yang dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan social distancing dan mengunakan Masker tersebut diakhiri dengan penyerahan plakat KPU Kabupaten Gianyar sebagai ucapan terimakasih atas partisipasi menyukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019. (pik)

Komentar