KPU Gianyar Cermati Peta Resiko Kegiatan di masa Pandemi Covid19

  • 22 Juni 2020
  • 13:25 WITA
berita_202206030601_KPUGianyarCermatiPetaResikoKegiatandimasaPandemiCovid19.jpeg

KPU Kabupaten Gianyar melaksanakan rapat pleno rutin di ruang rapat KPU Kabupaten Gianyar, yang dihadiri oleh Anggota KPU, Sekretaris KPU, Kasubag dan staf sekretariat KPU Kabupaten Gianyar, pada hari Senin tanggal 22/6/2020. Rapat pleno dilaksanakan dengan tetap mengikuti aturan jaga jarak yang aman (physical distance) bagi peserta rapat. 

Agenda yang diulas dalam rapat rutin kali ini yaitu evaluasi kegiatan satker selama masa pandemi Covid19 dari segi pengawasan. Menurut Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Mura yang sekaligus memimpin rapat mengatakan bahwa dengan dimulainya kegiatan perkantoran di era New Normal perlu dilakukan evaluasi kegiatan. "Meskipun di awal tahun sudah dilakukan identifikasi resiko yang mungkin muncul berdasarkan hasil pemetaan namun dengan adanya pandemi Covid19 ini, wajib dilakukan pengkajian ulang identifikasi resiko,"ujarnya. Dengan demikian maka segala kendala yang muncul akibat Pandemi Covid19 yang dapat menghambat pencapaian tujuan organisasi dapat dimitigasi sehingga tidak mengganggu kegiatan agar sesuai perencanaan awal. 

Sejumlah program seperti contoh sosialisasi dan pendidikan pemilih memerlukan langkah strategis baru mengingat tidak memungkinkannya dilakukan secara tatap muka dengan melibatkan peserta yang banyak. Untuk itu, divisi sosialisasi dan parmas bersama jajaran sekretariat melakukan inovasi sosialisasi melalui media sosial dan pemanfaatn teknologi informasi lainnya. Begitu juga dengan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, akan mengakibatkan tidak termutakhirkannya data pemilih, namun dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi kegaiatan tersebut dapat terlaksana secara periodik.

Selanjutnya disampaikan progres atau kemajuan penyelenggaraan SPIP pada Triwulan ke 2 oleh Kasubag Hukum untuk mendapatkan masukan dari divisi dan sub bagian sebagai bahan penyusunan laporan SPIP. (kr)

Komentar