Seminar Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pemilu dan Pemilukada

  • 29 Juni 2012
  • 14:05 WITA
perananmasyarakat6,28juni2012,gianyar.jpg

KPU Gianyar -Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilukada di Kabupaten Gianyar khususnya, KPU Kab. Gianyar mengadakan seminarsehari yang berlangsung di Hotel Arma, Ubud pada hari kamis 28 Juni 2012. Acara dihadiri oleh Anggota PPK, Organisasi Masyarakat, Ormas Pemuda dan Guru SMA - SMK se - Kabupaten Gianyar.

Acara yang dibuka oleh ketua KPU Kabupaten Gianyar, A.A. Gde Putra dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peran serta masyarakat sangat penting dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu maupun Pemilukada, karena suksesnya pelaksanaan pemilu tidak serta merta karena faktor dari penyelenggaranya tetapi juga atas dukungan masyarakat sebagai pemilih. lebih lanjut Ketua KPU Kabupaten Gianyar mengharapkan masyarakat Kabupaten Gianyar tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan antar warga dalam pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Gianayar tahun 2012 yang akan dilaksanakna pada tanggal 4 Nopember 2012 mendatang.

seminar sehari ini diisi oleh narasumber dari Ketua KPU Prov. Bali, Sukawati Lanang Putra Perbawayang membawakan meteri demokrasi dan Pemilu, dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa modal sosial yang harus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat di Bali saat ini adalah musyawarah mufakat. Serta sebagai narasumber Anggota KPU Prov. Bali Ketut Udi Prayudi dalam materinya yang berjudul pentingnya Pendaftaran Pemilih dan partisipasi masyarakat dalam pendaftaran pemilh, menyampaikan bahwa pada pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilu ataupun pemilukada sekarang ini masyarakat pemilih dapat mengecek apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum, dapat dilakukan dengan sistem on-line yakni cukup mengakses website KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota. Acara seminar yang dihadiri oleh 70 peserta ini diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Komentar