Studi Banding Pelaksanaan Pilkada KPU Gianyar ke KPU Buleleng, Dibekali Arahan Teknis Pencalonan oleh KPU RI

  • 20 Juni 2016
  • 00:00 WITA
Studi Banding Pelaksanaan Pilkada KPU Gianyar ke KPU Buleleng, Dibekali Arahan Teknis Pencalonan oleh KPU RI_899718.jpg

Senin, 20 Juni 2016Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke KPU Kabupaten Buleleng dalam rangka persiapan Pilkada Gianyar tahun 2018. Rombongan dipimpin oleh Anggota KPU Gianyar divisi Logistik Ngakan Nyoman Oka Sudaryana, SH didampingi oleh Kasubag. Program dan Data I Wayan Arka Mambal, SP dan beberapa staf KPU Kabupaten Gianyar. Acara kunjungan kerja tersebut bertepatan dengan acara Bimtek Teknis Pencalonan yang digelar KPU Buleleng dengan menghadirkan Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI, Sigit Joyowardono, SH, sehingga KPU Gianyar berkesempatan mengikuti jalannya acara bimtek dan menambah pengetahuan terkait teknis pencalonan dalam Pilkada.

Disampaikan oleh Sigit Joyowardono, dengan perkembangan dan dinamika politik saat ini sangatlah mungkin terjadi banyak perubahan dalam draf Perubahan Undang-Undang No 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) terutama dalam hal mekanisme pencalonan baik pencalonan perseorangan maupun calon dari partai politik. Kehati-hatian dan kecermatan dalam pelaksanaan tahapan pencalonan sangat diperlukan dengan dinamika ini, tentu saja untuk menghindari terjadinya sengketa dalam tahapan pencalonan. Untuk itu ditekankan pula agar KPU Kabupaten/Kota khususnya yang akan melaksanakan Pilkada senantiasa berkoordinasi dengan KPU Provinsi Bali atau KPU RI.

Pemanfaatan teknologi dengan adanya aplikasi sistem pencalonan (SILON) yang disediakan KPU RI dapat memudahkan verifikasi bakal calon kepala daerah karena datanya sudah tersimpan dalam sistem. Petugas entry dari pasangan calon (paslon)  dari Partai Politik dan Perseorangan mengisi data pasangan calon dan mengisi data dukungan (parpol atau KTP). KPUD juga dimudahkan dalam verifikasi data paslon , analisa kegandaan internal dan eksternal , verifikasi faktual sehingga terdapat penyamaan persepsi untuk menghindari potensi sengketa. (Kr)

Komentar