Kunjungan KPU Gianyar ke KPU Bangli, Sinergikan Persiapan Jelang Pilkada 2018

  • 13 Juni 2016
  • 00:00 WITA
Kunjungan KPU Gianyar ke KPU Bangli, sinergikan persiapan jelang Pilkada 2018_490440.jpg

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar, Senin, 13 Juni 2016 melakukan kunjungan ke KPU Kabupaten Bangli berkaitan dengan studi banding ke KPU Kabupaten/Kota di Bali yang telah dan sedang menyelenggarakan Pilkada. Rombongan KPU Gianyar yang dipimpin oleh komisioner divisi Hubungan antar lembaga Ni Luh Putu Reika Chrisyanti, SE didampingi Sekretaris KPU Gianyar Pande Putu Sunarta, SH.,MM. serta Kasubag Hukum Drs. I Nyoman Antara dan staf diterima oleh Ketua KPU Bangli I Dewa Agung Gd Lidartawan, STP.MP dan  Anggota komisioner yaitu Putu Ariyanti Suningsih, SH., I Gede Ariana, SH., Putu Gede Pertama Pujawan, SE., Gde P. Roy Suparman, ST., serta sekretaris I Made Oka Purnama, AP.MM.

Kunjungan KPU Gianyar ke KPU Bangli selain sharing atau berbagi pengalaman dalam penyelengaraan Pilkada, juga untuk menginventarisasi berbagai kendala yang ditemui dalam pelaksanaan Pilkada Bangli tahun 2015 lalu, sehingga dapat dijadikan pedoman bagi KPU Gianyar  dalam pelaksanaan Pilkada Gianyar pada tahun 2018 nanti. Dengan dilakukannya komparasi serta perancanaan yang baik dalam perancangan anggaran maupun regulasi-regulasi terkait tahapan pilkada, setidaknya dari jauh hari sebelumnya telah diketahui apa saja yang perlu disiapkan dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Ditekankan juga oleh Ketua KPU Bangli, Dewa Lidartawan bahwa koordinasi dengan pemangku kepentingan, baik itu Panwaslu, Tim pemenangan calon, dan instansi terkait terutama pemerintah daerah sangat diperlukan demi kelancaran pelaksanaan Pilkada. 

 Disamping bagaimana tata cara pelaksanaan pencalonan di KPU Kabupaten Bangli kala itu,segala bentuk tahapan sebelum dan pasca pencalonan, termasuk mekanisme verifikasi faktual semua kelengkapan dokumen juga perlu mendapatkan perhatian sehingga KPU sebagai penyelenggara Pemilu dapat berlaku adil dan merata terhadap semua pasangan calon. Dengan demikian maka dipastikan jalannya Pilkada akan aman dan lancar. Ditambahkan juga oleh sekretaris KPU Bangli, bahwasanya pertanggungjawaban administrasi setiap kegiatan sangat penting, untuk itu segala bentuk pelaporan dan pertanggungjawaban secara administrasi hendaknya tidak ditunda-tunda. (Kr)

Komentar