Tamasya Budaya KPU Gianyar ke Istana Kepresidenan Tampaksiring

  • 29 April 2016
  • 00:00 WITA
Tamasya Budaya KPU Gianyar ke Istana Kepresidenan Tampaksiring_208431.JPG

Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dan wawasan budaya, Jumat, 29 April 2016, segenap jajaran KPU Kabupaten Gianyar mengadakan acara kunjungan ke Istana Kepresidenan Tampaksiring.

 Istana Tampaksiring yang terletak di ketinggian 700 m di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar ini dibangun secara bertahap oleh arsitek R.M Soedarsono. Bangunan yang pertama kali dibangun adalah Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira pada tahun 1957, dilanjutkan perampungan tahun 1963. Komplek Istana Kepresidenan Tampaksiring kini terdiri dari lima gedung utama dan satu pendapa. Dua gedung utama diberi nama Wisma Merdeka (1.200 meter persegi) dan Wisma Negara (1.476 meter persegi) yang dipisahkan oleh celah bukit sedalam lebih kurang 15 meter namun terhubung dengan jembatan sepanjang 40 meter, tiga gedung utama yang lainnya diberi nama Wisma Yudhistira, Wisma Bima, dan ruang untuk konferensi, serta Balai Wantilan.

 Tak hanya sekedar jalan-jalan, dengan dipandu oleh petugas Istana Tampaksiring yang berada di bawah Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia, seluruh komisioner dan staf mendapat tambahan pengetahuan tentang sejarah Istana Kepresidenan Tampaksiring dan meningkatkan rasa nasionalisme sekaligus mempererat rasa kekeluargaan antar seluruh jajaran KPU Gianyar.

Komentar